BAHAN AJAR Menyanyikan lagu anak-anak
I. TINJAUAN UMUM
A. Kompetensi Dasar
Seni Budaya dan Prakarya
1.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
B. Tema
1. Tema : Keluargaku
2. Sub Tema :Keluarga Besarku
C. Indikator
1. Menyanyikanlagu2. Menjawabpertanyaantentangisilagu
D. PetunjukBagiPesertaDidik
1. Setelah guru memperdengarkan lagu berjudul “PamanDatang”, dengarkan lagu baik-baik!
2. Perhatikanbaik-baiktekslaguberjudul “PamanDatang” yang di pajang di papantulis. Kemudianjawablahpertanyaan-pertanyaan yang berkaitandenganisilagu!
II. PENDAHULUAN
A. DeskripsiSingkat/GambaranUmum1. Bahan ajarberupalaguberjudul “PamanDatang” bisadisimpandalamKaset CD/DVD atauflasdis yang bisadiputarmengunakan computer atau CD/DVD player.
2. Bahan ajar berupatekslagu/syairlagu yang ditulis pada kertas dipajang di depan kelas, sehinggasemuasiswabisamembacadenganjelas.
B. Manfaat
1. Bahan ajar berupa lagu bermanfaat bagi siswa untuk di dengarkan, sehingga siswabisa belajar dengan cara meniru. Apabila belum bisa, lagu bisa diputar ulang untuk di dengarkan lagi.
2. Bahan ajar berupa teks lagu / syair lagu bermanfaat bagisiswauntuk dibaca berulang-ulang agar siswa bisa memahami isi lagu yang dinyayikannya.
C. Tujuan Pembelajaran
2. Setelah menyanyikan lagu siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi lagu.
III. PENYAJIAN
A. Uraian Materi
1. Lagu berjudul ““Paman Datang” Karya A. T. Mahmud.
2. Teks lagu / syair lagu berjudul ““PamanDatang” Karya A. T. Mahmud.
B. Latihan
1. Berlatihlah menyayikan Lagu berjudul ““Paman Datang” Karya A. T. Mahmud dengan cara mendengarkan lagu yang diperdengarkan oleh guru. Apabila belum bisa, dengarkan lagi berulang-ulang sampai bisa.
2. Pertanyaan untuk pemahaman isi lagu antara lain:
- Paman datang dari . . . .
- Pamanmembawabuah . . . dan . . .
- Pamanberceritatentang. . . .
- Pamanberjanjiuntukmengajak … di desa
- Di desasenangkarenabisamandi di . . . .
C. Rangkuman
1. Laguberjudul ““PamanDatang” Karya A. T. Mahmud.
2. Tekslagu/syairlaguberjudul ““PamanDatang” Karya A. T. Mahmud.
IV. PENUTUP
A. TesFormatif
1. NyanyikanlahLaguberjudul ““PamanDatang” Karya A. T. Mahmuddenganbenar.
2. Pertanyaanformatifuntukpemahamanisilaguantara lain:
1) Pamandatangdari . . . .
2) Pamanmembawabuah . . . dan . . .
3) Pamanberceritatentang. . . .
4) Pamanberjanjiuntukmengajak. . . didesa.
5) Di desasenangkarenabisamandi di . . . .
KunciJawaban:
1) desa
2) rambutandanpisang
3) ternaknya
4) libur
5) sungai
B. Tindaklanjut
1. Perbaikan
a. Untuksiswa yang belumbisamenyanyidenganbaik, dimintauntuklatihanbersamadiluar jam pelajarandenganbantuantemansebaya yang sudahbisamenyanyidenganbaik, untukdinilaipadakesempatan yang akandatang.
b. Untuksiswa yang belumbisamenjawabpertanyaantentangisilagu, dimintauntukmengerjakanlagisoal-soaltersebutsebagaipekerjaanrumah (PR).
2. Pengayaan
a. Siswa yang sudahbisamenyanyidenganbaikdimintauntukmencarinyayian yang berhubungandengankeluargadanlatihanmenyayikannya.
b. Siswa yang sudahbisamenjawabpertanyaantentangisilagu, dimintauntukbisamenceritakanisilagudenganbahasanyasendiri.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
I. JUDUL
LagudanSyairLaguberjudul “PamanDatang”
II. SATUAN PENDIDIKAN
SekolahDasar
III. TEMA/SUB TEMA
Keluarga/KeluargaBesarku
IV. KOMPETENSI DASAR
SeniBudayadanPrakarya
4.7. Menyanyikanlaguanak-anakdanberlatihmemahamiisilagu
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenalteksceritadiri/personal tentangkeberadaankeluargadenganbantuan guru atautemandalambahasa Indonesia lisandantulis yang dapatdiisidengankosa kata bahasadaerahuntukmembantupemahaman.
V. TUJUAN PENGGUNAAN
A. Penggunaan Media Pembelajaranberupalaguberjudul“PamanDatang” bertujuan agar siswalebihmudahmempelajarilagutersebutdengancaramendengarkannyaberulang-ulang.
B. Penggunaantekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang”bertujuan agar siswabisamemahamilebihjelastentangisilagudengancaramembacaberulang-ulang. Tidakhanyamendengarkansaja.
VI. BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN
A. Laguberjudul “PamanDatang” berbentuk software disimpandalam CD/DVD atauflasdisk.
B. Tekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang” berbentuktulisandalamkertas manila.
VII. ALAT DAN BAHAN
A. Alatdanbahanyang digunakanuntukmembuatLaguberjudul “PamanDatang” berbentuk softwareadalah:
Alat : Komputer yang terhubungdenganjaringan internet.
Bahan : CD/DVD blankatau CD/DVD kosong.
B. Alatdanbahan yang digunakanuntukmembuatTekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang”
Alat :Komputer yang terhubungdenganjaringan internet, printer
Spidol, lem. Pisau, gunting, lak ban, paku pines
Bahan : Kertas Manila
VIII. CARA MEMBUAT
A. CaramembuatLaguberjudul “PamanDatang” berbentuk software adalah:
1. Mengunduhlaguberjudul “PamanDatang” dari internet.
2. Lagu yang telahdiunduhdikopi/dibakarpada CD/DVD.
A. Cara membuatTekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang”
1. MengunduhTekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang” dari internet.
2. MenulisTekslagu/syairlagupadakertas manila denganspidolataudengancaradiprintpadakertas HVS kemudianditempelpadakertas manila.
IX. CARA MENGGUNAKAN
A. Cara menggunakanlaguberjudul “PamanDatang” berbentuk software disimpandalam CD/DVD atauflasdiskadalah:
1. SiapkanCD/DVD atauflasdisk yang berisilaguberjudul “PamanDatang”,
2. NyalakanKomputeratau CD/DVD Player,
3. PasangCD/DVD atauflasdiskpadaKomputeratau CD/DVD Player,
4. Putarlagutersebut.
5. Siswabersama guru mendengarkanlagutersebutkemudianmenirukannya.
B. Cara menggunakanTekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang” berbentuktulisandalamkertas manila adalah:
1. TempelkanTekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang” di papantulisdengancaradipakumenggunakanpaku pines atauditempelkanmenggunakanlakbanhitam.
2. Siswamemperhatikandanmenirukan guru membacaTekslagu/syairlagutersebutberulang-ulang.
3. Siswamemahamisejenakbacaantersebutkemudianmenjawabsoal-soaltentangisilagutersebut
X. ILUSTRASI
A. Laguberjudul “PamanDatang” berbentuk software disimpandalam CD/DVD atauflasdisk.
B. Tekslagu/syairlaguberjudul “PamanDatang” berbentuktulisandalamkertas manila.
LEMBAR KERJA SISWA
I. JUDUL
PenjumlahanBilanganAsli.
II. SATUAN PENDIDIKAN
SekolahDasar
III. KELAS /SEMESTER
Kelas I /Semester 1
IV. TEMA
Tema : Keluargaku
Sub Tema : KeluargaBesarku
V. KOMPETENSI DASAR
4.3. Menyatakansuatubilanganaslisebagaihasilpenjumlahanataupenguranganduabuahbilanganaslilainnyadenganberbagaikemungkinanjawaban.
VI. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menyelesaikanoperasihitungpenjumlahan
VII. TUJUAN PEMBELAJARAN
Denganlatihanberhitungsiswadapatmenyelesaikanoperasihitungpenjumlahandenganbenar.
VIII. PETUNJUK BELAJAR
A. Pahami LKS denganseksama!
B. Perhatikanpetunjuk-petunjuk yang ada!
C. Telitilahhasilpekerjaanmusebelumdilaporkanpadadiskusikelompok!
IX. INFORMASI PENDUKUNG
Masalah yang akandibicarakanmasihberhubungandenganlagu yang telahdinyanyikan. Perhatikandenganbaikperintah-perintah yang ada!
X. TUGAS-TUGAS DAN LANGKAH KERJA
A. Tugas:
Diskusikandalamkelompokmu LKS yang sudahdiberikanolehgurumu!
B. LangkahKerja:
1. Perhatikanbaik-baikgambar yang adapada LKS!
2. Diskusikandengantemansekelompokmu!
3. Kerjakansoal-soal yang adadenganteliti.
XI. SOAL-SOAL
Pamanmembawabuah-buahan.
Udintidaksengajamenabrakbuah-buahanitu.
Buah-buahanmenjadiberantakan.
Mari kitarapikandantemukanjumlahnya
Jumlahkanbuah-buahan yang ada di atasdan di bawahmejaberdasarkanjenisnya!
Tulisdanhitungjumlahnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar