Rabu, 24 Agustus 2016

BAHAN AJAR SD KELAS 4

BAHAN AJAR SD KELAS 4


Satuan pendidikan :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester :  IV/ 1
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : Ayo Cintai Lingkungan


I. TINJAUAN UMUM

A. Kompetensi Dasar
PPKn

4.1 Menghormati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.

Bahasa Indonesia
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam tek bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
IPA
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

B. Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup




C. Indikator

PPKn

Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan peduli lingkungan.
Menghubungkan sila Pancasila dengan perilaku manusia yang berhubungan dengan sikap cinta lingkungan
Bahasa Indonesia

Menyebutkan cara merawat tanaman dengan kosakata baku
Merancang poster yang berisi kalimat ajakan tentang peduli lingkungan

IPA

Membedakan ciri-ciri tumbahan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
Mengaitkan sebab dan akibat adanya kondisi tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat dalam bentuk tulisan

D. Materi Prasyarat

1. Siswa harus bisa menyebutkan nama  tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar

E. Petunjuk Bagi Peserta Didik Untuk Mempelajari Bahan Ajar
1. Siswa mengamati gambar tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
2. Siswa mendiskusikan ciri – ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
3. Siswa menceritakan hal –hal yang dilakukan apabila menemui  tanaman dan hewan yang tidak terawat
4. Siswa melengkapi gambar dengan melengkapi kalimat  sehingga menjadi poster yang baik.

II. PENDAHULUAN

A. Deskripsi Singkat /Gambaran Umum Tentang Cakupan Materi
Materi untuk tema Peduli terhadap makhluk hidup sub tema Ayo cintai lingkungan mencakup tentang menceritakan gambar tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat kemudian menyebutkan ciri-cirinya. Siswa melengkapi gambar dengan kalimat poster yang tepat.

B. Manfaat
Manfaat dari materi yang bertema kegiatanku, sub tema kegiatan pagi hari adalah :
1. Siswa dapat mengelompokkan tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
2. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
3. Siswa dapat menjelaskan tindakan yang dilakukanapabila menjumpai tanaman dan hewan yang tidak dirawat
4. Siswa dapat melengkapi kalimat poster



C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan pengamatan gambar, siswa dapat mengelompokkan tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
2. Dengan diskusi siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
3. Melalui diskusi siswa menjelaskan tindakan yang dilakukanapabila menjumpai tanaman dan hewan yang tidak dirawat
4. Melalui tanya jawab siswa dapat melengkapi gambar supaya menjadi poster


III. PENYAJIAN

A. Uraian Materi
1. Ciri –ciri tumbuhan yang terawat : subur, daun lebat, hijau
Ciri –ciri hewan yang terawat : pohon kurus, daun layu, tidak rimbun
2. Tindakan yang dilakukan siswa sebagai contoh sikap peduli lingkungan
3. Gambar lingkungan, siswa melengkapinya supaya menjadi poster yang baik



B. Latihan (Aktivitas yang harus dilakukan siswa setelah mempelajari materi ini)
1. Siswa diajak mengamati gambar
2. Siswa diajak tanya jawab tentang gambar
3. Siswa diajak berdiskusi tentang ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
4. Siswa diajak berdiskusi tentang sikap peduli lingkungan
C. Rangkuman
1. Ciri – ciri tumbuhan yang terawat dan tidak terawat
2. Poster berisi ajakan menjaga lingkungan



IV. PENUTUP

A. Tes formatif
B. Tindak Lanjut
Perbaikan dan Pengayaan

Daftar Pustaka
Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 “Kegiatanku” Kelas IV 98-105
Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 “Kegiatanku” Kelas IV 73-78


demikian untuk BAHAN AJAR SD KELAS 4 yang kami jabarkan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar