Rabu, 24 Agustus 2016

DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MADRASAH TSANAWIYAH / MTs




DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs


STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), 
STANDAR KOMPETENSI (SK) 
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)






STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MADRASAH TSANAWIYAH / MTs




A. Latar Belakang


Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan berakhlaq mulia. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik yang bermartabat, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan mampu meneladani Al-Qur’an-Hadis dalam kehidupan sehari-hari.



Kurikulum disusun dan disain agar terciptanya keberlangsungan proses pendidikan yang kondusif bagi peserta didik sehingga dapat hidup dan mandiri ditengah masyarakat yang heterogen.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan kurikulum hasil refleksi, pemikiran dan pengkajian dari kurikulum yang telah berlaku sebelumnya.



Kurikilum ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan. Standar kompetensi dan kompetensi dasar diarahkan untuk menumbuhkan dan memberikan keterampilan bertahan hidup dalam kondisi yang beragam dengan berbagai perubahan serta persaingan. Kurikulum ini diciptakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dalam membangun integritas sosial, dan mewujudkan karakter



Pada dasarnya kurikulum Al-Quran-Hadis ini masih terkait dengan standar isi dalam Permendiknas Nomor 22. Penyusunan kurikulum Al-Qur’an-Hadis ini dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Kurikulum Al-Qur’an-Hadis yang tertuang dalam Permen 22 pada jenjang sebelumnya (SD/MI)
2. Kebutuhan siswa pada usia MTs yang pada dasarnya mulai dikenakan hukum sebagai mukallaf (diwajibkan menunaikan ibadah mahdzoh terlebih sholat)




Kurikulum Al-Qur’an-Hadis MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum Al-Qur’an-Hadis pada jenjang MI dan MA, terutama pada penekanan kemampuan membaca Al-Qur’an-Hadis, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

B. Tujuan




Adapun tujuan dari mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis adalah:

1. Meningkatkan kecintaan siswa terhadap Qur’an dan Hadis

2. Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Qur’an dan Hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan

3. Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih sholat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca




C. Ruang Lingkup




1 Membaca /menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid
2 Menterjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat dan Hadis dalam memperkaya khazanah intelektual
3 Menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.



D. Standar Kompetensi Lulusan




1. Memahami dan mencintai Al-qur’an dan Al-Hadis sebagai pedoman hidup umat Islam

2. Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an Al-Fatihah, dan surat pendek pilihan melalui upaya menerapkan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.

3. Menghafal dan memahami makna Hadis-Hadis yang terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak




E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar




KELAS IX SEMESTER 1

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Membaca Al-Qur’an surat pendek
     pilihan 1.1 Menerapkan hukum mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah

1.2 Menerapkan hukum mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an

2. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam 2.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam

2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah  tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan

2.3 Menerapkan kandungan Al-Qari’ah, Al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

3. Memahami Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.1. Menulis Hadis tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam


3.2. Menerjemahkan makna Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.3. Menghafal Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.4. Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadis dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya


KELAS IX SEMESTER 2

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR


4. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan 4.1  Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ro’ dalam QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq

4.2  Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an

5. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu 5.1  Memahami isi kandungan QS.  Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

5.2  Memahami keterkaitan isi kandungan QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan

5.3  Menerapkan kandungan QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan sehari-hari

6. Memahami Hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

6.1  Menulis Hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

6.2  Menerjemahkan makna menuntut ilmu dan menghargai wktu

6.3  Menghafal Hadisentang menuntut ilmu dan menghargai  waktu

6.4  Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadis dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam fenomena kehidupan dan akibatnya




F. Arah Pengembangan


Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar