Rabu, 24 Agustus 2016

Rencana Persiapan Pembelajaran

Rencana Persiapan Pembelajaran

Satuan pendidikan : SDN  I Slagi
Kelas : I ( Satu )
Tema : Diriku
Subtem : Aku Dan Temanku
Pembelajaran ke : 3 ( Tiga )
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi waktu : 6 x 35 menit ( 1x pertemuan )

Kompetensi Inti:

                1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
             2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan    
                 percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
             3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
                 melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu  
     tentangdirinya makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
                yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
             4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis,dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dandalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .

Kompetensi Dasar :

Matematika  :

3.1. Mengenal bilangan asli sampai99 dengan menggunakan
                  bendabendayang ada di sekitar rumah,sekolah, atau tempat bermain
           3.2. Mengenal bangun datar danbangun ruang menggunakanbenda-benda
                  yang ada di sekitarrumah,  sekolah, atau tempatbermain
           3.11. Menentukan urutan berdasarkanpanjang pendeknya benda,
                     tinggirendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkanjumlah
                    anggotanya
             4.5. Membentuk dan menggambarbangun baru dari bangun-bangundatar
                    atau pola bangun datar

Bahasa Indonesia   :

             4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri
                   dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata
                   bahasa daerahuntuk membantu penyajian
SBDP :

            3.1. Mengenal cara dan hasil gambarekspresi

            4.1. Menggambar ekspresi denganmengolah garis, warna danbentuk
                   berdasarkan hasilpengamatan di  lingkungan sekitar

Indikator :

Matematika :

               • Menghitung banyak benda 1-5
               • Mengidentifikasi banyak benda
               • Menentukan benda yang lebihbanyak
               • Menentukan benda yang lebihsedikit
               • Mengidentifikasi bangun segi empat
               • Menggambar dari bentuk segi empat

Bahasa Indonesia :

               Menceritakan gambar yang telahdibuat


SBDP        :
Indikator
               • Menggambar bentuk baru daribangun segi empat
               • Mengidentifikasi gambar

Tujuan    :

              Tujuan pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5
dengan benar.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak benda 1-5
 secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih
banyak dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih
sedikit.
5. Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang
  banyaknya sesuai dengan jumlah gambardi buku siswa.

Mengenal Bentuk Segi Empat

Tujuan pembelajaran:

1. Setelah mengamati contoh segi empat, siswadapat mengidetifikasi bentuk
segi empat dengan tepat.
2. Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat,siswa dapat membuat gambar
baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
3. Dengan kegiatan menggambar siswa dapatmenceritakan gambar yang
dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.

Materi Ajar :
- Mengenal banyak teman
- Mengenal bentuk segi empat
- Menggambar dari segi empat
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :   Scientific
Strategi :   Cooperative Learning
       Metode :   Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media dan alat pembelajaran:

         Buku siswa
         • Kotak bekas pasta gigi, bekas sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk
           dasar segi empat
         • Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias

Langkah-langkah kegiatan:
Kegiatan Pendahuluan : ( 10 )
  _ mengucapkan salam
  -  Berdoa
   - cek kehadiran siswa
Kegiatan Inti : ( 185 )
1. Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama
teman.
 2. Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
 3. Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar.
4. Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dananak perempuan.
5. Siswa berlatih pada halaman berikutnya.
6. Siswa menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai
    kotak yang jumlah anaknya lebih banyak
7.Lalu siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang  
   Banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada di buku siswa.
8. Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya.
9. Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya.
    Adakahkelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya
      berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak ?
11. Siswa diarahkan untuk melihat bentuk-bentukyang ada di sekitar kelas
      (pintu, jendela, papantulis, dan lain-lain).
12. Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masingbenda tersebut sesuai
     dengan pemahamannya.
13. Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
14. Siswa diminta membongkar kotak untuk dapatmenemukan bahwa bentuk
      dasar penyusun kotakadalah bangun datar.
15. Guru memperkenalkan bangun segi empat.
16. Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai
      Imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar tersebut.
17. Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya

Penutup ( 15 )
- siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar sehari
- Evaluasi
- Tindak lanjut

Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
Format Pengamatan :

NO
Nama Siswa Sangat aktif
4 Aktif
3 Kurang Aktif
2 Perlu bimb.
1
1
2
...


b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja (membuat buklet)
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik menghitung dan mewarnai
No Kriteria Baik sekali
4 Baik
3 Cukup
2 Perlu Bimbingan
1
1 Ketepatan mengisi angka
sesuai banyaknya siswa
pada gambar ‘Ayo Berlatih’. 5-6 gambar diisi
dengan tepat.

3-4gambar diisi dengan tepat 1-2 gambar diisi
dengan tepat. Belum mampu
mengisi angka.
2 Ketepatan mewarnai kotak
yang lebih banyak Mewarnai 3 kotak
dengan tepat Mewarnai 2 kotak
dengan tepat Mewarnai 1 kotak
dengan tepat Belum mampu
mewarnai



Penilaian Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar dari Bentuk Segi Empat

No Kriteria Baik sekali
4 Baik
3 Cukup
2 Perlu Bimbingan
1
1 Hasil gambar • Bentuk dasar
segiempat terlihat
• Ada tambahan
variasi gambar Bentuk dasar segi
empat terlihat dan
tidak ada tambahan
variasi gambar atau
sebaliknya Bentuk dasar segi
empat tidak terlihat
dan tidak ada
tambahan variasi
gambar Belum mampu
membuat gambar
dari bentuk segi
empat
2 Jumlah warna
yang digunakan Menggunakan
4 atau lebih warna Menggunakan
3 warna Menggunakan
2 warna Menggunakan
1 warna










Menghitung Banyak Teman
Perhatikan gambar ini


Subtema 1
Aku dan
Teman Berapa banyak anak laki-laki?
  Berapa banyak anak perempuan?


Perhatikan gambar
Pilihlah yang lebih banyak
Warnai kotaknya








































Amati benda-benda di kelasmu
Carilah benda yang banyaknya tiga
Carilah benda yang banyaknya empat
Carilah benda yang banyaknya lima



          Slagi,..... Juni 2013

      Mengetahui
    Kepala Sekolah           Guru Kelas I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar