Rencana Persiapan Pembelajaran
Satuan pendidikan : SDN I SlagiKelas : I ( Satu )
Tema : Diriku
Subtem : Aku Dan Temanku
Pembelajaran ke : 3 ( Tiga )
Semester : 1 ( Satu )
Alokasi waktu : 6 x 35 menit ( 1x pertemuan )
Kompetensi Inti:
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentangdirinya makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis,dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dandalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .
Kompetensi Dasar :
Matematika :
3.1. Mengenal bilangan asli sampai99 dengan menggunakan
bendabendayang ada di sekitar rumah,sekolah, atau tempat bermain
3.2. Mengenal bangun datar danbangun ruang menggunakanbenda-benda
yang ada di sekitarrumah, sekolah, atau tempatbermain
3.11. Menentukan urutan berdasarkanpanjang pendeknya benda,
tinggirendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkanjumlah
anggotanya
4.5. Membentuk dan menggambarbangun baru dari bangun-bangundatar
atau pola bangun datar
Bahasa Indonesia :
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata
bahasa daerahuntuk membantu penyajian
SBDP :
3.1. Mengenal cara dan hasil gambarekspresi
4.1. Menggambar ekspresi denganmengolah garis, warna danbentuk
berdasarkan hasilpengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
Matematika :
• Menghitung banyak benda 1-5
• Mengidentifikasi banyak benda
• Menentukan benda yang lebihbanyak
• Menentukan benda yang lebihsedikit
• Mengidentifikasi bangun segi empat
• Menggambar dari bentuk segi empat
Bahasa Indonesia :
Menceritakan gambar yang telahdibuat
SBDP :
Indikator
• Menggambar bentuk baru daribangun segi empat
• Mengidentifikasi gambar
Tujuan :
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5
dengan benar.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak benda 1-5
secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih
banyak dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih
sedikit.
5. Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang
banyaknya sesuai dengan jumlah gambardi buku siswa.
Mengenal Bentuk Segi Empat
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mengamati contoh segi empat, siswadapat mengidetifikasi bentuk
segi empat dengan tepat.
2. Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat,siswa dapat membuat gambar
baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
3. Dengan kegiatan menggambar siswa dapatmenceritakan gambar yang
dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.
Materi Ajar :
- Mengenal banyak teman
- Mengenal bentuk segi empat
- Menggambar dari segi empat
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Metode : Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
Media dan alat pembelajaran:
Buku siswa
• Kotak bekas pasta gigi, bekas sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk
dasar segi empat
• Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias
Langkah-langkah kegiatan:
Kegiatan Pendahuluan : ( 10 )
_ mengucapkan salam
- Berdoa
- cek kehadiran siswa
Kegiatan Inti : ( 185 )
1. Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama
teman.
2. Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
3. Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar.
4. Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dananak perempuan.
5. Siswa berlatih pada halaman berikutnya.
6. Siswa menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai
kotak yang jumlah anaknya lebih banyak
7.Lalu siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang
Banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada di buku siswa.
8. Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya.
9. Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya.
Adakahkelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya
berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak ?
11. Siswa diarahkan untuk melihat bentuk-bentukyang ada di sekitar kelas
(pintu, jendela, papantulis, dan lain-lain).
12. Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masingbenda tersebut sesuai
dengan pemahamannya.
13. Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
14. Siswa diminta membongkar kotak untuk dapatmenemukan bahwa bentuk
dasar penyusun kotakadalah bangun datar.
15. Guru memperkenalkan bangun segi empat.
16. Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai
Imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar tersebut.
17. Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya
Penutup ( 15 )
- siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar sehari
- Evaluasi
- Tindak lanjut
Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
Format Pengamatan :
NO
Nama Siswa Sangat aktif
4 Aktif
3 Kurang Aktif
2 Perlu bimb.
1
1
2
...
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja (membuat buklet)
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik menghitung dan mewarnai
No Kriteria Baik sekali
4 Baik
3 Cukup
2 Perlu Bimbingan
1
1 Ketepatan mengisi angka
sesuai banyaknya siswa
pada gambar ‘Ayo Berlatih’. 5-6 gambar diisi
dengan tepat.
3-4gambar diisi dengan tepat 1-2 gambar diisi
dengan tepat. Belum mampu
mengisi angka.
2 Ketepatan mewarnai kotak
yang lebih banyak Mewarnai 3 kotak
dengan tepat Mewarnai 2 kotak
dengan tepat Mewarnai 1 kotak
dengan tepat Belum mampu
mewarnai
Penilaian Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar dari Bentuk Segi Empat
No Kriteria Baik sekali
4 Baik
3 Cukup
2 Perlu Bimbingan
1
1 Hasil gambar • Bentuk dasar
segiempat terlihat
• Ada tambahan
variasi gambar Bentuk dasar segi
empat terlihat dan
tidak ada tambahan
variasi gambar atau
sebaliknya Bentuk dasar segi
empat tidak terlihat
dan tidak ada
tambahan variasi
gambar Belum mampu
membuat gambar
dari bentuk segi
empat
2 Jumlah warna
yang digunakan Menggunakan
4 atau lebih warna Menggunakan
3 warna Menggunakan
2 warna Menggunakan
1 warna
Menghitung Banyak Teman
Perhatikan gambar ini
Subtema 1
Aku dan
Teman Berapa banyak anak laki-laki?
Berapa banyak anak perempuan?
Perhatikan gambar
Pilihlah yang lebih banyak
Warnai kotaknya
Amati benda-benda di kelasmu
Carilah benda yang banyaknya tiga
Carilah benda yang banyaknya empat
Carilah benda yang banyaknya lima
Slagi,..... Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar