BAHAN AJAR Tema Keluarga Besarku
I. Tinjauan Umum
A. Kompetensi Dasar :
Bahasa Indonesia
3.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diis idengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
PPKn
1.4 Mengamati dan menceritakan keberagaman karakteristik individu di rumah dan sekolah
B. Tema/ Sub Tema : Keluarga/Keluarga Besarku
C. Indikator
Bahasa Indonesia : - • Menyebutkan anggota keluarga• Menceritakan tentang anggota keluarga
Matematika : Menyebutkan banyak anggota Keluarga
PPKn : Menyebutkan keberagaman karakteristik dan kegiatan kebersamaan di rumah
D. Materi pra-syarat : bangkan/Peserta didik telah mempelajari Keluargaku/anggota keluarga, sehingga akan dikembangkan untuk mempelajari keluarga besar (lebih luas)
E. Petunjuk bagi peserta didik :
- peserta diajak untuk aktif dalam pembelajaran
II. Pendahuluan
A. Deskripsi singkat : Pembelajaran Sub tema Keluarga besarku yang mencakup anggota keluarga melibatkan kakek nenek, bibi dll. Anak juga diajak untuk menghitung anggota keluarga, perbedaan dan persamaan anggota keluarga melalui pengamatan dan bermain peran.
B. Latihan yang berisi aktifitas/kegiatan yang harus dilakukan peserta didik setelah membaca dan mempelajari materi :
- mengamati gambar
- menyebutkan anggota keluarga yang ada dalam gambar
- bermain peran
- diskusi
C. Rangkuman:
Anggota keluarga, memasangkan wajah anggota kelurga dengan sebutan namanya.
Menghitung anggota keluarga (nilai tempat/ satuan dan puluhan)
III. Penutup :
a.Tes Formatif
1. Sebutkan anggota keluargamu?
2. Sebutkan anggota keluarga besarmu?
3. 14 - 3 = _____________ 4. 17 – 5 = ______________
puluhan satuan puluhan satuan
1 4 1 7
3 5
------------------------- - ------------------------------- -
4.Sebutkan dua kegiatan di rumahmu yang kamu lakukan bersama-sama?
b.Kunci Jawaban
1. Saya, ayah, ibu/saya, ayah, ibu, dan adik/ayah, ibu, dan kakak
2. Saya, ayah, ibu, kakek, nenek/saya, ayah, ibu, dan adik serta kakek, nenek/ayah, ibu, dan kakak, kakek nenek
3. 1 1
4. 1 2
5. (kebijakan guru)
c. Tindak lanjut
Tugas : mengunjungi rumah nenek dan kakek atau anggota keluarga besar untuk bersilahturrahmi.
Daftar Pustaka :
1. Buku Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas 1, Tema Keluargaku halaman 50-54, Penerbit Kemdikbut tahun 2013-09-04
.2. Buku Tematik Terpadu untuk Guru Kelas 1, Tema Keluargaku halaman 52-58, Penerbit Kemdikbut tahun 2013-09-04
3.Buku Kurikulum 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar